Perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0 – Saat ini teknologi USB telah mencapai ke versi 3.0. Versi USB 3.0 ini kabarnya membawa berbagai macam perbaikan dari teknologi USB yang sebelumnya. Apa sajakah perbaikan tersebut dan apa perbedaannya dengan USB 2.0? Berikut beberapa hal yang Wajib kamu Ketahui…

perbedaan usb 2.0 dan usb 3.0

Beberapat Perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0 :

  1. Kecepatan

USB 3.0 memiliki tingkat kecepatan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan USB 2.0. USB 3.0 dapat melakukan transfer data dengan kecepatan mencapai 4,8 GbPs. Kecepatan ini meningkat sekitar 6 hingga 10 kali lebih cepat dibandingkan USB versi 2.0.

  1. Sistem Transfer

Sistem trasfer USB 3.0 mendukung pola transfer dua arah. Artinya USB 3.0 dapat digunakan untuk melakukan tindakan write dan read secara bersamaan. Hal ini tentunya berbeda dengan teknologi USB 2.0 yang hanya bisa digunakan untuk melakukan satu tindakan di satu waktu saja.

  1. Kebutuhan Daya Listrik

Dalam segi hal kebutuhan daya listrik, USB 3.0 cenderung lebih hemat daya listrik dibandingkan dengan USB 2.0. USB 3.0 hanya membutuhkan tegangan listrik sebesar 4 V, sedangkan USB 2.0 membutuhkan tegangan listrik sebesar 4.4 V. Hal ini tentunya sangat berguna untuk berbagai perangkat gadget yang notabene mengandalkan baterai sebagai pensuplay dayanya.

  1. Tingkat Kompatibilitas

Perbedaan antara USB 2.0 dan USB 3.0 yang terakhir ada pada tingkat kompatibelitas. Meskipun USB 3.0 memiliki kecepatan yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan USB 2.0, akan tetapi USB 2.0 jauh lebih kompatibel dibandingkan dengan USB 3.0. USB 3.0 hanya bisa digunakan di perangkat yang mendukung USB 3.0 saja. Selain itu, USB 3.0 juga tidak dapat digunakan untuk perangkan dengan sistem operasi Windows Xp ataupun sistem operasi sebelumnya.

Itulah beberapa perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0 yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga dengan mengetahui beberapa perbedaan antara USB 2.0 dan 3.0 ini Anda tidak bisa menjadi lebih mudah dalam memebil perangkat USB yang sesuai dengan gadget Anda.